sistem pendidikan jarak jauh

Kuliah Jarak Jauh Secara Online
Teknologi yang terus berkembang mempunyai peran yang sangat tinggi demikian juga dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar maupun tidak bergelar pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (mahasiswa) dengan menggunakan internet sebagai media.. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.

Faktor utama dalam pendidikan jarak jauh secara online dikenal sebagai distance learning selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara diatas interaksi dosen dan mahasiswa di kelas tergantikan walaupun tidak 100%.

Beberapa sudut pandang yang dapat diutarakan antara dosen dan mahasiswa dalam penyajian sistem kuliah jarak jauh seperti:

Dosen
Dari sudut pandang dosen, solusi pendidikan online ini harus memenuhi kriteria-kriteria:
Mudah digunakan, Memungkinkan pembuatan bahan kuliah online dan kelas online dengan cepat dan mudah, Hanya memerlukan pelatihan minimal, Memungkinkan pengajaran dengan cara mereka sendiri, Memungkinkan mereka mengendalikan lingkungan pengajaran
Mahasiswa
Dari sudut mahasiswa yang dicari adalah:
fleksibilitas dalam mengambil mata kuliah, bahan kuliah yang lebih kaya dibandingkan yang didapat di kelas, berjalan di komputer yang sudah mereka miliki atau umum, Menyertakan kolaborasi antar mahasiswa seperti cara tradisional, Mencakup konsultasi dengan dosen, diskusi kelas, teman belajar, dan proyek bersama.

Pendidikan Kuliah Jarak Jauh Di Luar Negeri

Di luar negeri, khususnya di negara maju, pendidikan jarak jauh merupakan alternatif pendidikan yang cukup digemari. Metoda pendidikan ini diikuti oleh para mahasiswa, karyawan, eksekutif, bahkan ibu rumah tangga dan orang lanjut usia (pensiunan). Saat ini hampir seluruh program distance learning di Amerika, Australia dan Eropa dapat juga diakses melalui internet. Studi yang dilakukan oleh Amerika, sangat mendukung dikembangkannya e-learning dimana hasil penelitian mengataan bahwa 30% penyajian pendidikan lebih baik, 40% waktu pendidikan lebih singkat, dan 30% biaya pendidikan lebih murah.

Kondisi Pendidikan jarak jauh diindoensia sudahkah bisa diterapkan ??
Dampak pembatasan struktur budaya dan regional yang ada di Indonesia, menimbulkan pendidikan jarak jauh masih belum dapat berkembang dengan pesat, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia harus mengikuti kecenderungan yang terjadi secara global ini.

Di Indonesia, prospek pendidikan jarak jauh dengan sarana internet juga telah menjadi perhatian dari beberapa kalangan, baik dari segi pendidikan maupun segi teknologi informasi dimana saat ini terdapat sekitar 75 universitas negeri dan 1200 universitas dan perguruan tinggi swasta di Indonesia, dengan total kurang lebih bisa mencapai 5 juta mahasiswa yang merupakan potensi pengguna internet.

Keberhasilan pendidikan jarak jauh ditunjang oleh adanya interaksi maksimal antara dosen dan mahasiswa, antara mahasiswa dengan berbagai fasilitas pendidikan, antara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya, adanya pola pendidikan aktif dalam interaksi tersebut. Dari sisi Teknologi informasi dunia Internet memungkinkan perombakan total konsep-konsep pendidikan yang selama ini berlaku. Teknologi informasi & telekomunikasi dengan murah & mudah akan menghilangkan batasan-batasan ruang & waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan.
Beberapa konsekuensi logis yang terjadi antara lain adalah:

§         Mahasiswa dapat dengan mudah mengambil matakuliah dimanapun di dunia tanpa terbatas lagi pada batasan institusi & negara;

§         Mahasiswa dapat dengan mudah belajar pada orang-orang ahli / pakar di bidang yang diminatinya. Cukup banyak pakar di dunia ini yang dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan yang datang;

§         Kuliah bahkan dapat dengan mudah diambil di berbagai penjuru dunia tanpa tergantung pada universitas tempat mahasiswa belajar. Artinya konsep universitas terbuka akan semakin membaur dalam universitas tradisional. Tinggal masalah akreditasi dari kuliah yang diambil di universitas di manca negara melalui Internet untuk di akui sebagai bagian dari kredit untuk kesarjanaannya di universitas lokal. Konsekuensi yang akan terjadi adalah pergeseran nilai-nilai kuliah yang tadinya sangat rigid & harus diambil di universitas lokal menjadi terbuka untuk diambil dari universitas lain di dunia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s