PSICOLOGY SERVICE

PSICOLOGY SERVICE

Dosen : pak murhadi

 

Tugas 1

 

10 kebaikan diri pribadi dan cara mempertahannya :

 

  1. Bersahabat

    Teman dan sahabat merupakan orang ke -2 yang terpenting setelah keluarga. Saya bisa berbagi suka cita maupun kesedihan ketika sedang menghadapi suatu permasalahan hidup. Begitupun dengan teman saya , saya merasa senang ketika ada teman yang mau berbagi kebahagiaan dan kesedihannya dengan saya. Dengan begitu, saya merasa bahwa saya ada di dalam kehidupannya sebagai seorang teman atau sahabat untuk dirinya.

    Cara mempertahannya , yaitu dengan menjaga hubungan baik dan selalu bersilaturahmi dengan teman-teman yang sekarang. Dan lebih banyak lagi untuk berkenalan dengan orang . dengan begitu dapat memperbanyak teman dan juga sebagai media untuk membangun networking.

  2. Tidak pernah merasa puas dengan ilmu yang dimiliki sekarang

    Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat., itulah salah satu prinsip hidup yang saya miliki. Dengan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki sekarang, saya tidak pernah merasa puas atau cukup. Dengan begitu, saya selalu berusaha lebih untuk mencari dan mempelajari serta menambah ilmu dan pengetahuan pada diri saya.

    Cara mempertahannya, dengan belajar lebih banyak lagi, membaca lebih banyak buku,menambah wawasan, menambah pengalaman, dan mengasah ilmu yang sudah saya miliki.

  3. Memiliki semangat tinggi (optimis)

    Semangat merupakan salah satu unsur yang penting dalam melakukan sesuatu. Dengan semangat yang tinggi kita bisa melakukan sesuatu dengan semaksimal mungkin. Terutama dalam hal ilmu dan pengetahuan, saya sangat bersemangat sekali dalam mencari sesuatu yang baru, dan mempertahankan serta mengasah kembali ilmu dan pengetahuan yang sudah saya miliki.

    Cara mempertahankannya, dalam melakukan sesuatu saya merasa tidak puas jika belum maksimal. Oleh karena itu, saya akan selalu untuk berusaha semaksimal mungkin untuk hasil yang terbaik. Serta selalu memotivasi diri untuk melakukan hal yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain.

  4. Murah senyum

    Dengan senyuman kita akan merasa lebih baik. Dengan senyuman orang lain pun akan memberikan image yang positif terhadap diri kita. Dengan senyuman orang lain akan merasa lebih dihargai. Dengan senyuman orang lain akan merasa kan kebahagiaan dan kedamaian.

    Cara mempertahankannya , dengan selalu memberikan senyuman kepada semua orang yang saya temui. Dengan begitu, mereka kan membalas senyuman saya.

  5. Ingin selalu menjadi no.1 di bidang yang saya tekuni

    Menjadi manusia no.1 dibidangnya saya rasa tujuan semua orang. Begitupun dengan diri saya, saya merasa ingin selalu untuk menjadi no.1 dibidang yang saya tekuni.

    Cara mempertahankannya, yaitu dengan berusaha semaksimal mungkin untuk hasil yang terbaik sehingga dapat menjadikan diri saya yang terbaik di bidang yang saya tekuni.

  6. Berani untuk mengambil keputusan

    Terkadang dalam mengambil suatu keputusan saya pun merasa sedikit kesulitan. Apalagi jika keputusan tersebut mempunyai pengaruh yang sangat penting. Tapi, keputussan harus tetap diambil . saya selalu mengambil keputusan yang terbaik dari beberapa pilihan, tentu dengan banyak pertimbangan dan saran dari yang lain juga bisa dari teman, keluarga, dan lainnya.

    Cara mempertahankannya, dengan selalu percaya bahwa keputusan yang diambil merupakan keputusan yang terbaik, dan dengan pertimbangan dari berbagai faktor.

  7. Memiliki rasa percara diri tinggi

    Rasa percaya diri adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan . karena dengan rasa percaya diri orang akan dapat dengan mudah memantapkan hatinya untuk melakukan sesuatu yang dikehendakinya. Jika tingkat kepercayaan tinggi maka orang tersebut biasa nya akan selalu aktif atau kritis terhadap sutu hal, beda halnya dengan jika orang tersebut tidak percaya diri terhadap apa yang dia akan lakukan. Oleh karena itu, dengan sikap percaya diri yang tinggi akan membantu orang tersebut untuk dapat menjadi yang terdepan dibidangnya.

    Cara mempertahankannya, yaitu dengan selalu menjaga tingkat kepercayaan diri, contohnya dengan tidak takut untuk mencoba sesuatu yang baru, tidak malu untuk bertanya, dan selalu menjadi orang yang tidak takut untuk gagal.

  8. Selalu memotivasi diri sendiri dan orang lain

    Motivasi sangat diperlukan ketika orang sedang ada dalam kondisi yang tidak mendukung nya. Bahkan ketika kondisi orang tersebut sedang baik motivasi tetap diperlukan untuk mendorong menjadi lebih baik lagi. Jadi dengan motivasi orang akan berusaha untuk memperbaiki dirinya dan berusaha untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    Cara mempertahankannya, Saya sering sekali memotivasi diri sendiri, terlebih kepada hal yang saya rasa sulit untuk saya lakukan. Saya selalu mengatakan kepada diri saya ” I can if I think I can” , dengan begitu saya sedikit terpacu untuk terus berusaha semaksimal mungkin. Orang lain bisa, maka saya pun pasti bisa.

  9. Selalu membuat goal jangka pendek, menengah , dan jangka panjang

    Banyak jalan menuju roma. Benar sekali, ketika kita sudah punya arah dan tujuan maka kita akan berusaha untuk sampai kepada tujuan. Mungkin hanya jalannya saja yang berbeda dan dengan tingkat kesuliatan berbeda dengan orang lain, tapi pada akhirnya kita dapat sampai juga kepada tujuan kita. Untuk itulah sangat penting sekali bagi saya untuk selalu membuat goal saya, baik untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

    Cara mempertahankannya, dengan selalu membuat goal jangkan pendek, menengah , dan jangka panjang. Serta selalu mengevaluasi terhadap goal yang sudah tercapai dengan goal yang belum tercapai.

  10. Menjadi diri sendiri

    Menjadi diri sendiri meerupakan cara dimana kita dapat mengenali diri kita sendiri. Terkadang sangat sulit untuk dapat mengenali diri kita, tapi saya terus berusaha untuk terus menggali kelebihan dan menutupi kekurangan yang ada pada diri saya.

    Cara mempertahakannya, dengan selalu percaya pada diri sendiri dan selalu mencoba melakukan hal-hal yang menurut saya baik. Dan mencoba menutupi kekurangan yang ada atau bahkan menjadikan kekurangan saya sebagai kelebihan, karena beda antara kelebihan dan kekurangan seseorang hanya dari bagaimana sudut pandang orang tersebut menyikapinya.

     

10 kejelakan pribadi dan cara memperbaikinya :

 

  1. Pemalu

    Malu sedikit saya rasa wajar, karena setiap orang pasti akan meiliki sikap malu. Saya pun begitu terkadang saya malu untuk melakukan sesuatu khususnya terhadap hal yang baru bagi saya, atau hal yang akan membuat diri saya dipermalukan.

    Cara memperbaikinya, mencoba untuk mengatasi rasa malu tersebut dengan melihat orang lain yang sudah dapat melakukan hal tersebut dan membandingkan dengan diri saya. Orang lain saja tidak malu dan berhasil, saya pun harus begitu bahkan harus lebih baik.

  2. Sedikit tidak sabar

    Dalam melakukan suatu hal terkadang saya ingin sekali cepat selesai, terlebih terhadap hal yang membuat diri saya bosan.mungkin untuk hal yang buruk atau tidak mempunyai dampak terhadap diri saya masih bisa dikecualikan, tapi bagaimana jika hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi diri saya di masa depan itulah yang akan menjadi masalah.

    Cara memperbaikinya, dengan melatih kesabaran. Bisa dengan berbagai cara,contohnya dengan melakukan hal yang bermanfaat sambil menunggu teman yang akan datang ketika saya sudah mempuyai janji dengannya, tapi dia datang terlambat, dll.

  3. Jika sudah jatuh sedikit agak lama untuk dapat berdiri kembali

    Saya punya goal atau tujuan. Terkadang ketika goal saya tidak tercapai saya akan merasa sedikit kecewa pada diri saya. Dampaknya akan membuat diri saya untuk tidak bergairah dalam mencapai goal selanjutnya.

    Cara memperbaikinya, selalu intropeksi diri .setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitupun dengan rizky orang sudah ada bagian nya masing-masing, tinggal bagaimana kita berusaha untuk menjadi lebih baik lagi dan mau berusaha dengan maksimal.

  4. Tidak bisa melakukan sesuatu dengan maksimal jika alat dan bahan yang diperlukan tidak lengkap tersedia

    Jika alat dan bahan yang diperlukan dalam melakukan suatu tugas tidak lengkap, maka saya biasanya tidak bisa maksimal untuk menyelesaikan tugas tersebut.

    Cara memperbaikinya, coba untuk mencari alternatif alat dan bahan yang masih kurang. Mungkin bisa meminta bantuan dari teman atau yang lainnya.

  5. Terkadang agak lama dalam memahami sesuatu

    Terkadang jika yang disampaikan agak sedikit sulit atau dengan bahasa yang sedikit membingungkan saya agak sedikit lama untuk dapat memahaminya.

    Cara memperbaikinya, kalau saya masih kurang mengerti dengan apa yang disampaikan saya akan bertanya kepada yang lebih mengerti dengan hal tersebut.

  6. Kurang bisa untuk menutupi perasaan

    Jika sedang bahagia maka saya akan terlihat bahagia, begitupun ketika merasa sedih saya sangat kelihatan sekali sedih. Jadi di sini saya sedikit tidak bisa untuk menutupi perasaan saya khususnya ketika saya sedang merasa sedih.

    Cara memperbaikinya, saya biasanya selalu sharing dengan teman dekat saya terhadap perasaan yang saya miliki , khususnya ketika saya merasa sedih.

  7. Merasa cemas jika sudah dihadapkan pada suatu pilihan

    Sedikit bingung dan cemas jika sudah dihadapkan pada suatu pilihan. Terlebih jika plihan tersebut mempunyai dampak yang sangat penting sekali.

    Cara memperbaikinya, selalu mempertimbangan lebih dari satu kali dan meminta saran ketika akan mengambil keputusan. Dan ketika sudah ada keputusannya maka dengan percaya diri bahwa keputusan yang diambil merupakan keputusan yang terbaik.

  8. Mudah tersinggung jika mendapat ejekan atau hinaan

    Sedikit mudah tersinggung dan mudah marah jika sudah mendengar orang yang menghina diri saya.

    Saya memperbaikinya, dengan melatih kesabaran dan mencoba mengatakan pada diri sendiri , saya adalah saya dan orang lain itu bukan saya.

  9. Sedikit suka ingin tahu tentang permasalahan orang lain

    Jika terjadi sesuatu dengan orang lain terkadang saya suka ingin tahu tentang masalah tersebut. Sedikit seperti ibu-ibu kompleks yang sedang ngerumpi. Tapi tidak begitu juga, saya hanya akan sedikit mencari informasi jika saya tertarik kepada hal tersebut.

  10. Tidak bisa fokus untuk belajar jika terlalu ramai maupun terlalu sepi.

    saya adalah orang audio kinestetik, yaitu cara belajar saya dengan mendengarkan dan selalu melakukan gerakan. Oleh karena itu, saya tidak bisa fokus jika tempat tersebut terlalu ramai maupun terlalu sepi.

Cara memperbaikinya, dengan mencari tempat yang tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi sehingga saya dapat belajar dengan fokus dan merasa nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s